Pages

Minggu, 05 Juli 2015

Kisah Kisah Hacker

Jika anda sudah terbiasa menggunakan komputer dan teknologi lainnya, mungkin anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah "HACKER" .  Hacker merupakan sebutan bagi orang yang mempelajari, menganalisa, memodifikasi, dan berhasil menerobos masuk ke dalam sistem komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan pribadi, masalah pribadi ataupun dimotivasi oleh tantangan.

Pada tulisan ini saya tidak akan berbicara panjang lebar mengenai istilah hacker tetapi pada tulisan ini, anda bisa tau dan  melihat  siapa saja para Hacker ternama dan kisah-kisah mereka:

1. Kevin Mitnick


Kevin Mitnick Lahir di Los Angeles, California pada tanggal 6 Agustus 1963. Orang ini memang dikenal sebagai orang yang benar-benar gila dalam teknologi. Segudang pengalaman hacking pernah ia lakukan. Dari yang paling mudah sampai pada tingkat yang paling susah.

Inilah beberapa pengalaman yang pernah ia lakukan:

- Usia 18 tahun (1981), Mitnick terbukti menghancurkan data melalui jaringan dan mencuri manual perusahaan telepon. Ia dapat menelpon gratis tanpa repot mendaftar talktime

- Usia 20 tahun (1983), Mitnick terbukti menerobos pantagon melalui ARPANET dari kampus University of Southern California

- Usia 24 tahun (1987), Mitnick terbukti mencuri software Santa Cruz Operation (SCO)

- Usia 25 tahun (1988), Mitnick mencuri kode akses sambungan langsung jarak jauh setelah tertangkap mencoba menerobos dan mencuri sistem minikomputer Digital VAX/VMS

- Usia 32 tahun (1995), Mitnick ditangkap dan ditahan selama dua tahun tanpa jaminan dan pembelaan,  dan belakangan ini, Mitnick mengklaim telah menjebol blackberry Obama dengan cara mengirimkan Email.



2. George Hotz


George Hotz, Remaja asal Glen Rock new Jersey, AS. Usianya baru 17 tahun, namun ia suskes menjebol IPhone. Pada libur musim panas, Hotz telah menghabiskan waktunya untuk menjebol iphone. Ia telah menghabiskan waktu lebih dari 500jam untuk otak otik sistem ponsel sentuh Apple tersebut. Hasilnya ia mampu menjalankan iPhone-nya dengan operator selain AT-and-T, operator resmi Apple inc.

Dalam kerja kerasnya selama 500 jam itu, Hotz ditemani dengan galonan minuman energi. Hotz sangat menikmatinya. Antusiasnya meluap-luap, saat ia tahu akan berhasil.

Kegilaan George Hotz terdengar dimana-mana, namanya menjadi pembicaraan. Sebuah perusahaan yang berpusat di kentucky mengundang hotz dan melakukan kontrak kerjasama. Hotz menandatanginnya. Ia pun pulang dengan membawa mobil sportnya nissan 350z dan 3 unit Iphone.


3. Robert Lipka


23 Februari 1996, merupakan hari paling bersejarah bagi Robert Lipka. Dia ditangkap FBI karena tuduhan melakukan mata-mata untuk UniSoviet. 



4. Joe Desch


Joe Desch merupakan salah satu orang yang sangat disegani. Ia adalah kepala Programmer di National Cash Register Co. Dayton. Joe Desch telah banyak berjasa dalam memecahakan kode rahasia NAZI yang kemudian digunakan pemerintah USA.



5. Jonathan James



Jonathan James itulah nama si anak badung ini, saat umur 6 tahun ia sudah biasa bermain dengan komputer. Saat usianya 16 tahun ia menjebol sistem keamanan Defense Threat Reduction Agency, yang merupakan cabang dari departemen keamanan AS.


6. Robert Morris



Waktu itu, Hari selasa 2 November 1988. Morris sedang berada di lab komputer massachusets Institute of technology. Ia sedang membuat program untuk dasar desertasinya.
Morris membuat program Worm. Worm yang dibuat morris ini bertugas mencari password yang sama dengan Usernamenya, jika gagal worm yang diperintahkan untuk mencoba username lain dengan menggunakan daftar 432 password yang dipakai oleh para hacker.

Apa yang dilakukan oleh Morris ini sesungguhnya sangat berbahaya. Sore itu tepat pukul 6 sore. Morris ingin menguji programnya. Worm pun dijalankan , disebar tanpa ditunggui, sekembalinya di lab komputer MIT, komputernya macet. jarungan komputernya mati, Morris tidak sadar bahwa programnya telah merayap ke komputer lain di internet.

Pada saat itu komputer di Utah benar-benar lumpuh, tidak ada satupun yang bisa menggunakan komputer. Ternyata worm buatan Morris tidak hanya menggandakan dirinya satu kali, tapi berkali-kali.



7. Dani Firmansyah



Dani Firmansyah telah membuat malu ketua kelompok kerja TI KPU. Waktu itu, Chusnul mengatakan kalau sistem kemanan KPU sangat aman. Nah, Dani yan membaca berita itu, jadi tertantang. Darah mudanya bergejolak. Sistem keamanan di KPU yang katanya seharga 152 miliar rupiah itu dapat dijebol hanya oleh seorang mahasiswa. 

Waktu itu,Dani masih tercatat sebagai mahasiswa universitas muhammadiyah yogyakarta. Nama partai diubah menjadi plesetan lucu. ada partai kolor ijo, partai mbah jambon, partai jam-bu, dan partai dukun beranak. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua Artikel Diblog ini boleh disebarluaskan,
asal mencantumkan sumbernya.

Terima kasih atas kunjungannya
Semoga artikel dblog ini bisa bermanfaat buat kita semua.
mohon kritik dan sarannya.
salam kenal dan salam Blogger Indonesia