Website ini sengaja saya buat untuk berbagi ilmu dengan teman-teman semua dan untuk mengingat kembali apa yang telah saya pelajari. Semoga website ini dapat bermanfaat untuk diri saya sendiri maupun teman-teman yang sudah berkunjung ke website saya selamat datang di website HadiKurniawan, bagi anda yang ingin berbagi atau mempublikasikan artikel di website ini, bisa kirimkan melalui fitur submit link yang terletak disudut bawah kanan pada website ini. terimakasih atas kunjungannya
Home » » Hukum Menahan Kentut Ketika Shalat

Hukum Menahan Kentut Ketika Shalat

Written By Unknown on Sabtu, 29 Juni 2013 | 04.14

Bagimanakah hukum menahan kentut ketika shalat? Ada dua pendapat ulama dalam menyikapi masalah ini. Pendapat pertama mengatakan bahwa menahan kentut, kencing, dan buang air besar dalam shalat dianggap sebagai peristiwa menyibukkan diri, yang kemudian menggangu terhadapa konsentrasi dan kekhusyukan shalat. Maka, dalam konteks ini hukumnya Makruh. Pendapat disandarkan pada hadits Rasulullah Saw. Yang berbunyi:





"Tidak ada shalat saat makanan telah siap, dan tidak ada shalat saat seorang terdesak oleh dua hadats akan keluar"

Pendapat yang kedua mengatakan bahwa menahan kentut, kencing, dan buang air besar ketika shalat hukumnya makruh. Pendapat ini bersandar pada hadits dari 'Aisyah Ra. bahwa Rasulullah Saw bersabda:

"Tidak sempurna shalat seorang muslim apabila makanan telah dihidangkan, atau apabila ia didesak buang air besar ataupun kecil."
(HR. Ahmad, Muslim, dan Abu Daud)

Pendapat ini berlaku apabila waktu shalat setelah kentut, kencing, atau buang air besar, waktu untuk wudhu dan menunaikan shalat masih ada. Sedangkan apabila waktunya mendesak dan khawatir tidak kebagian waktu shalat maka menahan kentut itu hukumnya wajib.

Tulisan ini saya ambil dari seorang penulis buku  H.M. Amrin Rauf.

Share this article :

Posting Komentar

Semua Artikel Diblog ini boleh disebarluaskan,
asal mencantumkan sumbernya.

Terima kasih atas kunjungannya
Semoga artikel dblog ini bisa bermanfaat buat kita semua.
mohon kritik dan sarannya.
salam kenal dan salam Blogger Indonesia

 
Copyright © 2013. Catatan Hadi - All Rights Reserved
www.hadikurniawan.com