Pages

Sabtu, 15 Desember 2012

Menggunakan fungsi Logika (IF)

Fungsi logika pada excel digunakan untuk membandingkan dua atau lebih suatu argumen untuk menghasilkan nilai True atau False

Contoh kasus:


Disini saya mempunyai daftar nilai mahasiswa dengan nilai yang berbeda-beda pada 4 mata kuliah, tentunya juga akan menghasilkan jumlah keseluruhan nilai yang berbeda juga.
nah kasusnya adalah:  disini saya harus menentukan predikat dari nilai tersebut, apakah baik, cukup, ataupun kurang.


Jika nilai rata-rata 8. maka "Baik"
Jika nilai rata-rata 7. maka "Cukup"
Jika nilai rata-rata 6. maka "kurang"
Jika nilai rata-rata 5. maka "buruk"

nah untuk menyelesaikan kasus tersebut. 
kita harus membuat rumus pada sell I4,
tuliskan rumus seperti berikut:

=IF(H4>=8;"Baik";IF(H4>=7;"Cukup";IF(H4>=6;"kurang";IF(H4>=5;"Buruk"))))

lalu enter.


Maka akan muncul status baik pada kolom I4.  
karena rata-rata nilainya 8.  
Untuk mempersingkat waktu anda tidak pelu menggetikan satu persatu pada kolom yang lain,
cukup anda sorot seperti gambar diatas, klik tahan dan sorot sampe bawah.....
sehingga akan tampil seperi ini


Catatan: Perhatikan rumus IF tadi, jika tanda " ; " tidak bisa maka ganti dengan tanda koma " , "




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semua Artikel Diblog ini boleh disebarluaskan,
asal mencantumkan sumbernya.

Terima kasih atas kunjungannya
Semoga artikel dblog ini bisa bermanfaat buat kita semua.
mohon kritik dan sarannya.
salam kenal dan salam Blogger Indonesia