Website ini sengaja saya buat untuk berbagi ilmu dengan teman-teman semua dan untuk mengingat kembali apa yang telah saya pelajari. Semoga website ini dapat bermanfaat untuk diri saya sendiri maupun teman-teman yang sudah berkunjung ke website saya selamat datang di website HadiKurniawan, bagi anda yang ingin berbagi atau mempublikasikan artikel di website ini, bisa kirimkan melalui fitur submit link yang terletak disudut bawah kanan pada website ini. terimakasih atas kunjungannya
Home » , » CIROS, Robot Pintar yang Bisa Menyajikan Salad

CIROS, Robot Pintar yang Bisa Menyajikan Salad

Written By Unknown on Sabtu, 03 November 2012 | 00.59

Pada event Robot World 2012 yang berlangsung pada tanggal 25-28 Oktober 2012 kemarin di Seoul, Korea Selatan, para peneliti dari Korean Institute of Science and Technology’s Center for Intelligent Robotics (CIR) memamerkan robot buatan mereka yang diberi nama CIROS. Robot ini merupakan versi ketiga dari robot-robot yang sudah mereka kembangkan sejak tahun 2005. CIROS mampu melakukan berbagai pekerjaan rumah tangga, salah satunya adalah menyiapkan salad seperti yang diprakekkan di event di Korea Selatan tersebut..

Seperti yang diperagakan pada video di atas, CIROS dapat memotong timun dengan pisau dapur serta memberikan bumbu salad pada timun yang telah dipotong tersebut. Tidak hanya memotong timun, CIROS ini juga dapat mengambil serta mengembalikan pisau yang digunakan ke tempatnya semula.
Berdasarkan informasi yang kami dapat dari Gizmag, CIROS dapat menge
nali obyek-obyek umum termasuk perangkat dapur seperti kulkas, microwave,  atau wastafel, juga dapat menggunakan berbagai obyek tersebut dengan tepat. Pada kepala CIROS telah dilengkapi dengan kamera stereoskopik dan sebuah sensor 3D IR yang mirip dengan Microsoft Kinect. Kamera inilah yang digunakan oleh CIROS untuk mengenali benda apa yang ada di sekitarnya. Tinggi robot ini adalah setinggi 160 cm dengan bobot 150 kg, untuk pergerakan jalan CIROS menggunakan roda yang memungkinkan robot ini untuk bergerak ke segala arah. Pada tubuhnya terdapat laser finder dan enam sensor ultrasonic, yang membuatnya dapat mendeteksi serta menghindari benda-benda di sekitarnya. Dan tangannya dibuat sedemikian rupa untuk dapat menggenggam berbagai perkakas atau benda lainnya.

Pada versi sebelumnya, CIROS tidak hanya bisa memotong timun atau menyajikannya dengan bumbu salad, tetapi juga dapat menuangkan minuman ke dalam gelas dan membawanya dengan papan saji. Foto pada laboratorium penelitiannya juga menunjukkan bahwa CIROS dapat mengeluarkan atau memasukkan piring ke dalam mesin pencuci piring.
Para peneliti dari CIR sendiri berencana untuk membuat agar CIROS selanjutnya dapat mengerjakan tahapan dalam penyajian makanan, dari tahan menyiapkan hingga tahap membersihkan. Proyek selanjutnya kemungkinan akan memakan waktu bertahun-tahun lamanya, tetapi tidaklah mustahil jika di masa depan robot ini dapat mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga maupun dapur seperti manusia.

Share this article :

Posting Komentar

Semua Artikel Diblog ini boleh disebarluaskan,
asal mencantumkan sumbernya.

Terima kasih atas kunjungannya
Semoga artikel dblog ini bisa bermanfaat buat kita semua.
mohon kritik dan sarannya.
salam kenal dan salam Blogger Indonesia

 
Copyright © 2013. Catatan Hadi - All Rights Reserved
www.hadikurniawan.com